Arti Besar Bhineka Tunggal Ika

Dalam perwujudannya, keyakinan dan percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah menjalankan ajaran agama yang sudah sepatutnya kita wujudkan. Bangsa Indonesia dikenal luas dengan negara yang dimana memiliki bangsa yang religius, percaya akan adanya Tuhan Yang Maha Esa. yang menciptakan dan membuat umat manusia beserta alam semesta ini. Keyakinan dan ketakwaar terhadap Tuhan Yang Maha Esa berarti mengakui dan percaya adanyi Tuhan Yang Maha Esa serta menjalankan perintah-Nya dan menjauh segala larangan-Nya.

Kepercayaan tersebut merupakan unsur dari kebudayaan dan peradaban semua masyarakat Indonesia sebelum bangsa kita ini mengenal dan mendapatkan pengaruh dari kebudayaan asing. Selain itu dengan ditunjang oleh sikap ramah, terbuka dan toleran bangsa kita terhadar bangsa lain yang datang untuk membawa pengaruh agama, baik masuknya agama Hindu, Buddha, Islam,dan Kristen bangsa kita menerima semua unsur/pengaruh dari luar dengan baik.

Setup umat beragama bersembahyang dengan cara yang sudah di atur sesuai dengan ajaran agama mereka masing-masing. Bahkan, banyak dari mereka sebelum melaksanakan suatu kegiatan, melakukan doa untuk memohon petunjuk dan pertolongan Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kemudahan, kelancaran, dan perlindungan. Semua ini adalah kegiatan keagamaan yang selalu dilakukan setiap hari dan setiap waktu, sebagai perwujudan kepercayaan akan adanya Tuhan Yang Maha Esa. Puasa, berzakat, dan menunaikan ibadah haji adalah suatu kegiatan keagamaan lainnya di dalam agama islam.

Bhineka tunggal ika

Sebagai umat beragama kita wajib beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan ajaran yang sudah di ajarkan di agamanya masing-masing. Beribadah adalah melaksanakan semua kegiatan, baik yang wajib maupun yang tidak wajib, yang bertujuan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memperoleh pahala. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang terdiri dari berbagai macam agama, suku, adat istiadat, dan bahasa daerah. Meski demikian, masyarakat Indonesia tetap bersatu menjadi satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia. Maka dari itu bangsa indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dimana artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai macam pemeluk agama dan berbagai penganut terhadap adap Tuhan Yang Maha Esa. Mereka mendapatkan jaminan dari negara seperti yang ditegaskan dalam Pancasila dan UUD 1945. Agama mengajarakan tentang ketuhanan, hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, dan sesama dan dengan alam sekitanya berdasarkan kitab suci.

Comments are closed.