Alat Pernapasan Pada Tumbuhan

Pada saat dipagi hari kita bisa lihat pada ujung-ujung rumput banyak terdapat tetesan air yang sering dinamakan dengan embun. Tetapi pada saat siang air yang terdapat dirumput tadi sudah menghilang hal itu disebabkan karena pada siang hari terdapat perbedaan suhu yang terdapat bai itu didalam rumput maupun diluarnya. Dan sering proses pengeluaran air tersebut dinamakan dengan penguapan. Dengan demikian, pada tumbuhan juga terdapat sistem yang mengatur agar alat tubuh tumbuhan dapat bekerja dengan baik. Pengunaan alat didalam tubuh baik itu tumbuhan, manusia atau hewan memiliki sistem tersendiri agar dapat berjalan dengan lancar.

Ada beberapa sistem yang terdapat didalam tumbuhan yakni sistem pernapasan, sistem transportasi, serta gerak dan iritabilitas. Pada dasarnya tumbuhan juga dapat bernapas, meskipun alat, struktur dan serta fungsinya sangat jauh berbeda dengan apa yang dimiliki oleh manusia. Karena manusia mempunyai alat pernapasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru.  Alat-alat tersebut berguna untuk memastikan oksigen masuk kedalam tubuh manusia. Sedangkan tumbuhan memiliki alat dan fungsi tersendiri didalam tubuh tumbuhan tersebut.Alat Pernapasan Tumbuhan

Pada dasarnya seperti halnya manusia, tumbuhan pun mempunyai alat pernapasan tersediri dan tidak sama dengan yang dimiliki oleh manusia. Kita pasti pernah melihat pohon besar dengan permukaan kulitnya telah retak-retak maka yang kalian lihat itu adalah lentisel. Lentisel biasanya dimiliki oleh tumbuhan berkayu yang berfungsi untuk keluar masuknya oksigen pada tumbuhan. Masih ada lagi selain  lentisel alat pernapasan tumbuhan yang lain yakni stomata. Kalo lentisel terdapat dikulit kayu sedangkan Stomata terletak di bawah permukaan daun, dan strukturnya terdiri atas dua sel penutup dengan sebuah celah di tengah. Kita tidak dapat melihat secara langsung lentisel dan stomata, karen diperlukan mikroskop atau alat pembesar karena ukuran dari lentisel dan stomata ini sangatlah kecil.

Setelah kita ketahui alat pernapasan tumbuhan lalu gas yang digunakan dalam proses pernapasan tumbuhan tingkat tinggi sama dengan gas yang digunakan untuk bernapas pada mahkluk hidup lainnya seperti manusia, dan hewan yakni oksigen. Oksigen akan masuk melalui stomata dan lentisel. Oksigen yang sudah masuk kedalam tubuh tumbuhan akan diproses dan digunakan untuk membakar zat makanan. Setelah melalui proses ini akan diperoleh energi untuk tumbuhan itu sendiri. Energi yang diperoleh tumbuhan akan digunakan untuk kegiatan hidup dari tumbuhan itu sendiri, seperti pada pertumbuhan pohon dan pemekaran bunga. Pada proses pernapasan yang menggunakan oksigen maka biasa disebut pernapasan aerob. Pada dasarnya semua makhluk dimuka bumi ini memiliki alat bernapas baik itu yang dimiliki oleh tumbuhan, manusia maupun juga hewan.

Comments are closed.