Lapisan – Lapisan Bumi

Seorang siswa diharuskan memahami geografi sebagai ilmu yang mempelajari mengenai awal mula alam dan kehidupan di Bumi juga interaksi antar manusia dengan lingkungan berkaitan dengan hubungan/struktur keruangan dan batas wilayah. Mulanya perkembangan ilmu geografi sebagai ilmu pengetahuan yang berperan untuk mengingat lokasi dan nama tempat dan elemen-elemen yang menempal padanya.
Kota, pulau, sungai,
benua, hasil tambang, dan hasil pertanian memiliki nama-nama yang perlu dikenal oleh para siswa yang ingin memahami geografi.

Geophian yang merupakan bahasa yunani merupakan nama yang diambil untuk geografi. Sebutan geografi berasal dari kata geo dan graphien, geo yang berarti Bumi sedangkan graphien yang berarti berat. Maka geogarafi merupakan ilmu yang menggambarkan mengenai keadaan planet Bumi itu sendiri. Ilmu geografi memiliki posisi paling penting dala sistem ilmu pengetahuan karena ada pada kajian ilmu pengetahuan yang sangat diperlukan. Pertama geografi sebagai ilmu yang mengkaji alam yaitu memahami gejala-gejala keruangan yang bersifat eksak, yang kedua geografi mempelajari tentang manusia yang mengisi Bumi sebagai makhluk sosial seperti kodratnya.

Maka geografi mempelajari mengenai gejala alam dan makhluk hidup terutama manusia dan interaksinya dengan manusia lain dan Lingkungannya dikaikan dengan hubungan/struktur keruangan dan batas wilayah.  Terjadinya hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya bisa mencerminkan tingkat persamaan dan penguasaan manusia kepada lingkungan sekitarnya. Tanda-tanda alam dan kehidupan bisa dilihat sebagai hasil proses alam yang dihasilkan di permukaan Bumi. Tidak hanya itu dapat juga dilihat sebagai aktivitas yang bisa membentuk dampak kepada seluruh makhluk hidup.

Lapisan udara Bumi

Ilmuwan dan para ahli membelah objek geografi menjadi dua bagian, objek material dan formal. Objek material merupakan apapun yang dipelajari pada geografi termasuk litosfer. Lapisan kulit bumi atau litosfer (kerak) Bumi yang terluar. Tebalnya kurang lebih 35 km. Litosfer ini sangat penting untuk kehidupan manusia karena menciptakan benua-benua atau pulau-pulau yang ditinggali makhluk hidup. Setiap ketebalan litosfer tidak seluruhnya sama ada bagian yang tebal berada pada benua dan pulau, tapi di dasar laut merupakan bagian lapisan yang lebih tipis.

 Adapun lapisan air di Bumi yang tidak harus berbentuk padat dan cair menempati lokasi yang sama, namun bisa mengalami perubahan dan perpindahan. Banyaknya air di Bumi relatif sama dari dahulu sampai sekarang, karena air selalu mengalami rotasi putar atau perputaran. Perputaran air atau sering disebut siklus air merupakan suatu proses berputar atau mengulangnya air di Bumi, contohnya air danau, air sungai, rawa-rawa, gletser, lautan dan waduk, ini disebabkan sinar matahari merubah air menjadi uap dan dibantu tiupan angin dapat terbawa tinggi, juga suhu yang rendah membuat air membeku sehingga air yang sudah menjadi uap dan terbawa naik oleh angin turun kembali dan disebut hujan. Perairan ada dua, ada perairan darat dan ada perairan laut. Yang termasuk perairan darat adalah air tanah , air sungai, gletser, danau, dan rawa. Sedangkan perairan laut asalnya adalah air hujan yang meresap dan mengalir dari darat ke lautan.

Ada juga lapisan udara yang disebut dengan atmosfer mengelilingi Bumi dan terdiri dari banyak macam gas. Gas yang mengelilingi Bumi tersebut memiliki beberapa lapisan dan ciri khas masing-masing lapisan. Pertama ada lapisan Troposfer yang merupakan lapisan terbawah. Pada daerah yang dingin seperti kutub berada pada ketinggian 11km, dan di daerah khatulistiwa mencapai 18 km ketinggiannya. Pada lapisan Troposfer inilah terbentuknya awan terjadinya hujan dan perubahan suhu udara atau cuaca yang dihasil oleh proses-proses tertentu. Yang kedua adalah lapisan Stratosfer merupakan lapisan yang lebih tinggi dari Troposfer. Disini bagian atas Strtosfer memiliki lapisan ozon yang berguna sebagai pelindung untuk manusia dan makhluk hidup lainnya di muka Bumi melindungi dari serangan radiasi sinar Matahari yaitu sinar ultra violet.

Comments are closed.