Biologi Dan Metode Ilmiah

Pada dasarnya kita sebetulnya sudah paham mangenai Biologi karena pada kehidupan kita sehari-hari kita dikelilingi oleh banyak makhluk hidup. Contohnya seseorang memelihara binatang, membudidaya tanaman hias dan herbal, mendatangi kebun binatang dan cagar alam atau taman-taman nasional lainnya. Ilmu biologi adalah ilmu yang telah lahir dari penelitianterhadap tanda-tanda yang terjadi di alam, juga merupakan penerapan secara ilmiah dari kebanyakan manusia yang merasa memiliki hubungan dan tertarik kepada sesuatu yang hidup. Kehidupan memiliki banyak bentuk-bentuknya dan ini harus diteliti melalui sebuah proses yang disebut dengan metode ilmiah. Dengan pelajaran biologi yang didapat di sekolah-sekolah membantu Anda dalam memahami proses-proses yang bekerja secara ilmiah sebagai contoh pemahaman Biologi itu sendiri.

Jika dilihat dari bahasa Yunani biologi berasal dari kata Bios dan logos. Bios yang berarti hidup dan logos yang berarti ilmu maka Biologi merupakan ilmu hidup. Sering juga disebut dengan ilmu yang mempelajari dan mendalami isi makhluk hidup dari binatang, manusia, dan tumbuhan. Kehidupan yang dapat kita pelajari akan mendorong kita masuk ke sebuah laboraturium, berguna untuk mengamati lebih dekat dengan bentuk-bentuk kehidupan yang ada. Mempelajari biologi maka akan mengajak kita ke dunia mikroskopik yang dihidupi oleh satuan-satuan terkecil dari organisme, juga organisme-organisme yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang melainkan harus menggunakan sebuah alat khusus.

Tidak hanya pada sebuah laboraturium, biologi juga membuat kita untuk dapat memahami lebih dalam lagi tentang bagaimana kehidupan di sebuah hutan, gurun, lautan, dan lingkungan lainnya. Pada lingkungan tersebut terdiri dari banyak bentuk-bentuk kehidupan beserta lingkungan-lingkungan fisiknya yang menyatu membentuk sebuah kesatuan yang utuh.

Biology

Seluruh bentuk-bentuk kehidupan tersebut tidak lepas dari proses metode ilmiah sebelumnya. Pada metode ilmiah kita akan melakukan sebuah percobaan atau penelitian, yaitu sebuah kegiatan di bawah kondisi yang terkontrol dan dilakukan oleh ilmuwan untuk mencari dan menemukan jawaban dari sutu masalah yang ada pada kehidupan atau alam. Langkah-langah utama dari susunan kerja suatu eksperimen yang dilakukan oleh seorang peneliti untuk dapat menjawab berbagai jenis pertanyaan itu yang disebut metode ilmiah. Langakh Metode ilmiah terrdiri dari mengumpulkan keterangan, mengajukan hipotesis, menguji hipotesis dengan percobaan atau eksperimen dan yang terakhir menarik suatu kesimpulan. Pada intinya tidak ada satupun ilmuwan atau peneliti yang melakukan penelitian sama persis, tapi tentunya memiliki aturan atau langkah dasar yang sama.

Agar dapat melakukan eksperimen sangat dibutuhkan untuk mencari sebuah masalah. Maka mulailah dengan masalah yang cukup sederhana yang telah ada di sekitar lingkungan kita, contohnya suatu tanaman yang ditambahkan pupuk dapat menjadi subur dan besar. Hal tersebut akan menimbulkan suatu masalah atau pertanyaan bagaimana atau kenapa, Dari sinilah kita bisa mendapatkan suatu masalah yang bisa dilakukan eksperimen untuk menjawabnya.

Comments are closed.