Pengertian Negara dan Bangsa

Kita semua sering mendengar  istilah bangsa dan negara, dan sering  membicarakan tentang bangsa dari suatu negara itu sendiri. Tetapi apakah benar kita sudah  mengenal  baik dengan bangsa dan negara itu? Mengapa negara mempertahankan dan juga memperjuangkan kemerdekaan? dan apakah kita juga harus mempelajarinya sebagai warga negara itu sendiri dan memahami segala sesuatu tentang bangsa dan negara ini dari pengertian, awal pembentukan, asal mula negara itu, dan  bahkan fungsi tujuan negara itu.

Sejak dilahirkan ke dunia manusia, hakikat seorang manusia sebagai mahkluk individu secara kodrat sudah memiliki potensi dan kemampuan untuk bisa berdiri sendiri, mempertahankan hidup dan bertanggung  jawab. Setiap manusia pasti ingin memiliki beberapa perilaku dan ciri khas yang  berbeda dengan satu dengan yang lain. Secara individual manusia itu merupakan mahkluk yang berbeda-beda, hal ini sudah menjadi kodrat kedudukan istimewa manusia berbeda dengan mahkluk lain yang ada di muka bumi ini.

Bendera Negara Indonesia

Bendera Negara Indonesia

Meskipun manusia memiliki keragaman dalam bentuk fisik dan kepribadian secara individual tetapi banyak kesamaan yang tidak bisa dihindari, yaitu adanya kebutuhan untuk hidup berkelompok dengan manusia yang lain. Selain menjadi mahkluk individu manusia juga ditakdirkan untuk hidup secara bersama-sama dengan manusia yang lain. Manusia tidak dapat bisa terus menerus hidup sendirian untuk memenuhi segala semua kebutuhan hidupnya. Dan manusia perlu berinteraksi baik dengan manusia yang lain. Sebagaimana dengan pendapat Aristoteles yang memberikan sebuah istilah yang mengatakan bahwa manusia itu adalah “Zoos Politicos” yang artinya itu sendiri adalah manusia itu adalah mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian.

Disini dibahas tentang Pengertian dari negara secara umum, kita semua sering mendengar istilah negara. Istilah negara merupakan terjemahan dari the state (Inggris), de staat (Belanda), der staat (Jerman). Banyak juga negara yang telah dikenal masyarakat, misalnya ada negara Indonesia, Amerika Serikat, Australia dan negara lainnya.

Menurut I  H. A.l-ogema-n,negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang bertujuan untuk mengatur dan menyelenggarakan masyarakat dengan kekuasaan tersebut. dan  Sedangkan menurut pandangan Roelof Kranenburg, negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia yang disebut bangsa. Dan masih banyak lagi para tokoh hebat di dunia yang memberikan pengertian tentang negara secara umum.

Comments are closed.