Keanekaragaman Suku Bangsa Indonesia

Negara Republik Indonesia yang mana sebagai negara yang memiliki beraneka ragam suku bangsa, yang dapat dilihat dari ras, bahasa, adat istiadat, agama, mata pencaharian, organisasi yang terdapat didalam masyarakat, serta pengetahuan. Dengan adanya banyak ragam budaya bangsa indonesia tersebut merupakan suatu ciri khas bahwasannya masyarakat atau bangsa Indonesia merupakan masyarakat majemuk. Maka dari itu, didalam masyarakat majemuk tiap-tiap kelompok dari suatu suku bangsa memiliki ciri dan sifat yang berbeda.

Masyarakat atau bangsa yang bersifat majemuk ini dalam proses interaksinya dapat menyebabkan suatu gejala sosial yang bersifat positif maupun negaitif. Dimana terdapat keanekaragaman suku budaya bangsa tersebut, para ahli belum bisa menentukan jumlah suku Bangsa yang ada di Negara Republik Indonesia ini secara akurat. Para ahli hanya bisa  memperkirakan jumlah tersebut sekitar 200 suku bangsa yang ada di Indonesia. Para ahli yang telah melakukan penelitian, mengutarakan sebagai wujud perbandingan besarnya suku bangsa tersebut, di antaranya Jawa, Sunda, Madura, Minangkabau, dan Bugis.

Keanekaragaman Suku Bangsa Indonesia

Keanekaragaman Suku Bangsa Indonesia

Sementara itu, dilain pihak Suhendro dan Sudirman, dengan merujuk pada pendapat dari salah satu ahli, yang mana pendapat tersebut menyatakan bahwa berdasarkan patokan kriteria bahasa, daerah, budaya bangsa, dan serta susunan masyarakat, menjelaskan bahwasannya pada negara Republik Indonesia ditemui banyak suku bangsa sebanyak 350 suku bangsa indonesia. Nah sebelum kita beranjak untuk mempelajari mengenai suku bangsa Indonesia yang ada di negara indonesia, lebih baik sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu 120 objek yang bisa dijadikan tempat peneletian ilmu antropologi yang mana bisa dilakukan dengan cara holistik.

Disisi lain, yang dimaksut dengan sosial kebudayaan adalah suatu tata cara tingkah laku manusia yang tergambar dalam unsur-unsur kebudayaan yang berfungsi sebagai pola pikir dalam perumusan ilmu etnografi di Indonesia. Yang mana sistem sosial budaya sendiri bisa di fungsikan sebagain sebagai suatu unsur yang dapat kita saling kaitkan satu sama lain dengan teratur dan serta memiliki sifat yang komplek dan sebagai hasilnya tingkah laku manusia terwujud dalam unsur kebudayaan.

Comments are closed.