Rumah Arsitektur Iklim Tropis

Salah satu ciri akan gaya arsitektur tropis adalah dengan adanya atap serta teras, akan tetapi tak tampak akan adanya ciri tersebut pada rumah hunian ini. Malahan kesan yang dapat kita lihat yaitu suatu kesan yang sifatnya sederhana namun tetap modern yang mana merupakan salah satu ciri dari masyarakat urban. Sanjaya sendiri mempunyai anggapan bahwa ketika merancang sebuah rumah bukan saja cukup untuk memenuhi sarana untuk dijadikan tempat tinggal, melainkan juga sangat memperhatikan akan adanya suatu konteks yang berkaitan terhadap lingkungan sekitar. Tak hanya sekedar konteks terhadap lingkungan yang menjadi bahan perhatian oleh sang arsitek, melainkan juga konteks keamanan, kenyamanan, serta lingkungan makro seperti matahari, hukan, maupun tumbuhan hijau.

Rumah hunian yang mempunyai luas sekitar 380 meter persegi ini hadir dengan bentuk geometris yang berkesan modern, yang mana dengan menonjolkan kolom dan balok ekspos dan juga penataan volume ruangan yang sifatnya superimpose. Unsur kubus, bulat, lengkung maupun kerucut dihadirkan pada bagian dindingnya untuk memperkuat atas bentuk geometris yang ada. Yang mana jenis penataan ini akan terlihat seperti sebuah bentuk yang dinamis serta balok susun. Pembagian ruangan sendiri terdiri dari ruangan privat serta ruangan publik, akan tetapi pada rumah hunian ini hanya saja menonjolkan pada sisi privat saja yang berakibat kesan pada semua ruangan merupakan ruangan yang bersifat pribadi. Yang mana kesan pribadi ini sudah terasa sangat kental meskipun kita masih berada diluar ruangan.

iklan harga rumah diJual di Surabaya

iklan harga rumah diJual di Surabaya

Pada area tangga yang mana dirancang dengan mengekspos kolom atau balok dan juga memadukan warna serta unsur-unsur geometris yang menjadikan area tangga tersebut menjadi point of interest atau titik utama pada iklan harga rumah diJual di Surabaya hunian ini yang memiliki luas sekitar 440 meter persegi. Kesan yang ditimbulkannya juga seperti mengalir dari ruangan bawah ke ruangan atas dan semakin kuat dengan adanya rancangan anak tangga yang bersifat unik.

Pada dasarnya secara keseluruhannya rumah hunian ini sepertinya berkesan sederhana, akan tetapi sang arsitek dengan kecermatannya merancang ruangan yang mana terlihat seperti menembus antara satu sama lain, dengan memberikan sentuhan tersendiri yang mana kasat oleh mata. Hal tersebut merupakan tujuan untuk merancang suatu ruangan yang mana kesannya mengalir dari halaman depan kebelakang sampai kelantai atas, serta sebagai suatu hal yang mana bisa kita nimkati secara fisik dan visual.

Comments are closed.