Manusia Makhluk Ekonomi, Individu dan Sosial

Manusia sebagai makhluk individu dan juga makhluk sosial sekaligus sebagai makhluk ekonomi yang perjalanan hidupnya tidak akan pernah lepas dari kebutuhan, seperti makan, minum bahkan hiburan. Oleh karena itu, untuk memenuhi semuanya manusia harus melakukan berbagai usaha dan berbagai pengorbanan. Misalnya, bekerja pada sebuah perusahaan sebagai karyawan,bercocok tanam padi atau menjadi peternak, semuanya dilakukan untuk melangsungkan kehidupan selanjutnya dan memenuhi semua kebutuhan.

Kebutuhan Manusia

Faktor lingkungan sosial juga sangat mempengaruhi pola hidup dan kebutuhan yang diinginikan oleh seseorang. Misalnya, bagi penduduk asli Maluku sagu adalah makanan pokok untuk penduduk disana, dan bagi penduduk asli Palembang makanan pokok sehari-hari adalah nasi sedangkan sagu sebagai bahan pembuat pempek (makanan khas Palembang). Contoh lainnya, faktor alam lainnya adalah sarana transportasi orang yang di daerah terpencil atau di pegunungan biasanya memakai kendaraan yang biasa digunakan adalah kuda atau cukup dengan berjalan kaki saja, sedangkan penduduk di kota biasa menggunakan kendaraan bermotor yang sangat diperlukan untuk sebagai alat transportasi.

Kondisi fisik seseorang sangat mempengaruhi untuk memenuhi kebutuhannya, kenapa dikatakan demikian, karena setiap manusia diciptakan berbeda-beda, Ada laki-laki dan perempuan dan menurut fisik ada yang kurus dan ada yang gemuk, lalu ada yang pendek, ada yang tinggi.Semua kondisi tersebut juga mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Contohnya, perempuan memerlukan alat-alat untuk mempercantik diri (kosmetik), sedangkan laki-laki tidak perlu menggunakan. Orang gemuk membutuhkan banyak bahan dasar untuk membuat pakaian, sedangkan orang kurus tidak terlalu memerlukan banyak dengan hanya mencocokan postur tubuhnya. Wanita yang pendek membutuhkan sepatu dengan alas kaki / hak tinggi, sedangkan wanita yang tinggi tidak terlalu membutuhkannya.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat diambil semua kesimpulannya bahwa manusia adalah makhluk ekonomi (homo economicus) yang sangat membutuhkan kebutuhan. Disebut demikian karena manusia didalam untuk memenuhi kebutuhannya selalu membandingkan-bandingkan antara pengorbanan yang manusia itu lakukan dengan besarnya manfaat yang manusia itu terima dari pengorbanan tersebut. Begitulah kehidupan sehari-hari manusia sebagai makhluk ekonorni sekaligus makhluk individu dan makhluk sosial.

Comments are closed.